arti-warna-budaya-chinese
arti-warna-budaya-chinese

Warna mempunyai banyak arti dan kali ini kita membahas simbolisme arti warna dalam budaya Chinese. Orang tidak perlu menjadi desainer untuk memiliki hubungan khusus dengan warna. Setiap orang memiliki warna favorit dan dalam banyak kasus, budaya mereka juga memainkan peran penting ketika menghubungkan makna simbolis atau tersembunyi dengan warna yang berbeda. Hal yang sama berlaku dalam budaya Cina. Negara dengan warisan yang kaya; Cina menggunakan warna secara simbolis dalam setiap ritual, upacara, festival bahkan dalam bisnis. Bila dibandingkan dengan Negara Barat, Cina memiliki simbolisme warna yang sangat berbeda dan lebih kuat.

Arti Masing-Masing Warna dalam Budaya Chinese

Sama seperti Teori Lima Elemen (Logam, Api, Air, Kayu dan Udara) yang memainkan peran penting dalam mempengaruhi banyak kepercayaan dan adat Cina, teori warna juga didasarkan pada 5 elemen.

Oleh karena itu lima warna paling populer di Cina juga berhubungan dengan 5 Elemen ini yaitu:

Merah – Api : Merah adalah warna yang menguntungkan sekaligus populer dalam budaya Chinese. Warna merah melambangkan keberuntungan, kebahagiaan dan sukacita. Ini juga mewakili musim panas dan Arah Selatan. Ini adalah warna yang dikenakan oleh pengantin wanita, karena itu diyakini sebagai warna keberuntungan untuk menangkal kejahatan. Merah juga mewakili vitalitas, perayaan dan kesuburan dalam simbolisme warna tradisional Chinese. Saat ini, orang Barat menganggap merah sebagai representasi dari Revolusi Chinese atau sistem politik. Namun, ini jelas tidak terjadi karena akar Cina kuno tentu saja tidak mempengaruhi revolusi untuk itu. Jika Anda melakukan bisnis di China, manfaatkan sedikit warna merah dalam pemasaran, tetapi jangan terlalu banyak.

Kuning – Bumi : Kuning adalah warna kekaisaran yang mewakili kekuatan, royalti, dan kemakmuran dalam simbolisme warna tradisional Chinese. Ini terutama mewakili akhir musim panas dan arah pusat. Saat ini, kuning adalah simbol pornografi dalam publikasi di Cina. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan warna kuning, khususnya untuk pemasaran merek.

Hitam – Air : Mengejutkan memang bahwa elemen Air tidak diwakili oleh Biru, tetapi dengan Hitam. Warna hitam dalam budaya Chinese dikaitkan dengan kehancuran, kejahatan, kedalaman, bencana, kekejaman, kesedihan dan penderitaan. Ini adalah nasib buruk dan tidak boleh dikenakan untuk acara-acara bahagia seperti pernikahan. Hitam dalam Bahasa China adalah ‘hei’ yang artinya nasib buruk, ketidakberesan, ilegalitas dll. Hindari penggunaan hitam dalam pemasaran merek Anda.

Putih – Logam : Putih mewakili unsur logam dan juga melambangkan kesucian dalam budaya Cina. Namun, dalam beberapa kasus, ini dikaitkan dengan kematian dan merupakan warna yang dikenakan saat pemakaman. Saat ini, putih adalah warna yang populer di mobil di China dan (bersama dengan hitam) digunakan secara luas untuk membuat barang-barang konsumen seperti jam tangan, ponsel, pakaian, dll. Berhati-hatilah dalam menggunakan warna putih dalam pemasaran dan hindari membungkus hadiah dalam kertas putih saat memberikan hadiah mereka kepada seseorang.

Biru – Kayu : Biru mewakili elemen Kayu dan juga melambangkan pegas, keabadian, dan kemajuan. Biru dapat digunakan dengan sangat bebas dalam hal memasarkan produk atau layanan.

Warna tradisional Cina lainnya dan apa yang mereka wakili

Emas – Sama seperti budaya Barat, Emas bagi orang Chinese juga melambangkan kekayaan. Orang dapat dengan mudah menggunakannya, juga dalam pemasaran. Tetapi hindari menggunakannya terlalu banyak karena bisa membuat sedikit mencolok dan bahkan terlihat murahan.

Hijau – Tidak ada banyak perbedaan di antara Simbolisme Barat yang terkait dengan Hijau dan simbolnya dalam tradisi Cina. Perbedaan penting lainnya : Hijau berarti kekayaan, harmoni, pertumbuhan, ramah lingkungan bagi orang Barat, sedangkan hijau berarti “bersih, dan bebas kontaminasi” bagi orang Cina. Hijau juga digunakan untuk menggambarkan hal-hal organik misalnya, Susu Hijau berarti susu organik atau bebas toksin dan sayuran hijau berarti yang tanpa pestisida. “Pria yang dikatakan memakai topi hijau” berarti dia memiliki istri yang tidak setia. Jadi, hijau harus digunakan dengan hati-hati karena dapat melambangkan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Ungu – Dalam budaya barat, ungu melambangkan royalti sedangkan dalam simbolisme Cina melambangkan keilahian dan keabadian. Di zaman modern, Ungu digunakan untuk mewakili Cinta atau Romansa di Cina seperti halnya warna merah di Barat. Konsumen yang lebih muda sangat tertarik pada Ungu ketika digunakan dalam merek dan untuk pemasaran.

Beragam warna atau warna Pelangi – Orang Cina jarang menggunakan banyak warna karena pelangi yang terlihat di langit, karena ini bagi mereka adalah sebagai tanda bahwa Kaisar akan segera mati.

Cina adalah negara yang sangat luas dengan banyak sisi. Sementara seseorang tentu harus menggunakan kebebasan dan kreativitas dalam penggunaan warna mereka terutama saat pemasaran di negara ini; kita juga harus ekstra hati-hati untuk menghindari jebakan yang ditimbulkan oleh penggunaan warna-warna tertentu dengan konotasi negatif.

Kunjungi Gloria Patung Emas di patungemas.com untuk melihat koleksi patung emas sepuh atau asli 24 Karat untuk inspirasi dekorasi rumah Anda. Dan hubungi kami di WA 081233587998 atau info[@]patungemas.com untuk stock patung emas, pengiriman atau informasi lain nya.

Gloria Patung Emaspatungemas.com
Pasar Atum Mall, Lantai Dasar A68, Surabaya
WA 0812 3358 7998

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *